Jumat, 28 Oktober 2011

Pengertian Tahede,,

Arti Kata Tahede

Tahede adalah sebuah kata makian yang paling kasar yang biasa dipakai di daerah Gorontalo. ungkapan ini ditujukan kepada seseorang ketika menghardik atau memaki. ada juga makian sebagainya seperti Telelilamu, Polombuo, Huangango, Lentengilo yang sangat tidak patut di ucapkan.

Akan tetapi tahede adalah yang paling banyak digunakan di [Gorontalo]. Namun seiring dengan perkembangan zaman, kata tahede mengalami penyempitan makna, sehingga kata tersebut, menjadi sebuah makian yang populer di kalangan remaja gorontalo. kata tahede juga menjadi jargon, yaitu kata sambung yang di gunakan untuk melengkapi suatu percakapan antar orang yang sudah akrab. contoh: "darimana ngana tahede?

~~~

Berawal dari gua pertama kali pindah ke Gorontalo, dan masuk ke salah satu SMA. Disana bermulalah sampai gue buat artikel ini.

Jadi saat itu gue berstatus sebagai anak baru dari Jakarta. Dan mungkin pada demen iseng sampe gue disuruh sama salah satu temen kelas baru gue yang gue rasa cita-citanya pengen jadi preman, terus nyuruh gue bilang kata "Tahede" itu ke salah satu guru.
Dia bilang katanya kalau Tahede itu artinya Selamat Siang.
Gue gak goblok-goblok amat, 98% temen kelas gue yang baru itu pinter-pinter, cuma yang tadi doang tuh agak gesrek. Nah, mereka ngasih tau gue, kalau kata itu adalah makian yang bisa manggil setan.
Gue pikir manggil setan apaan dah, ternyata itu tuh emang sakral banget dan gak bisa.
Kasar banget deh.

Tapi seiring perkembangan jaman, kebanyakan anak-anak muda sudah tidak peduli lagi, rasanya kurang ambyar kalau gak ngomong kata kasar. Eits! Gak cuman di Gorontalo juga ya, milenials kota atau tempat lain pun pasti juga enak kalo ngomong pake TOT, SAT, NJING, NYET, TOL, MEK, dll yang enak dicetuskan.

Nah, jadi kesimpulannya, memakilah pada orang yang pantas anda maki. Bukan asal sembarang memaki orang yang gak punya salah apa-apa tiba-tiba kalian maki. HAHAHA. Be Smart People.
Thanks

2 komentar:

  1. Maaf sedikit koreksi, kata Tahede bukan berasal dari Kata "Molahede" tetapi asal Kata dari "ta hede-hede" yang berarti "di tarik". "Ta Hede hede " tsb merupakan Julukan terhadap Setan Hutan yang di yakini oleh org2 gorontalo di zaman dahulu.

    BalasHapus